Wednesday, May 7, 2008

Pemilik Rumah di Atas Rp 60 Juta, Incaran Pajak

Anda, pemilik rumah dan tanah seharga Rp 60 juta ke atas, bersiaplah menerima surat dari aparat pajak. Mulai Juni 2008, aparat pajak di berbagai daerah bakal lebih giat menggali pajak penghasilan (PPh) dari pemilik rumah dan bangunan yang bernilai Rp 60 juta. . Aparat pajak bakal makin tegas bila Anda ternyata belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Petugas pajak bakal menagih PPh tahun ini berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tahun 2007.

Balikan aparat pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Pluit, Jakarta Utara, sudah lebih dulu mencuri start. Jumat (9/5) mendatang, aparat Pajak akan mengumpulkan dan mendatangi para penghuni kompleks perumahan mewah di Pluit Saat itu, aparat pajak akan langsung menagih PPh pribadi kepada orang kaya di Pluit yang memiliki tanah dan bangunan senilai Rp 3 miliar ke atas.

Para orang kaya itu pun tak bisa mengelak memiliki aset sebesar itu. Sebab aparat pajak sudah berbekal bukti data Pajak Bumi daii Bangunan (PBB), setoran pajak mereka selama ini,lengkap dengan bukti foto rumah dan perusahaan milik para orang kaya itu.
Inilah upaya Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak memburu setoran pajak dari para pemilik rumah dan tanah. Soal bagaimana caranya, Ditjen Pajak menyerahkan sepenuhnya pelaksana-annya kepada masing-masing KPP di seluruh Indonesia.

Ditjen Pajak hanya memberi ancar-ancar, bahwa yang boleh menjadi target adalah mereka yang memiliki rumah dan tanah seharga di atas Rp 60 juta. Batasan nilai aset ini turun drastis dari ketentuan sebelumnya yang senilai Rp 300 juta. Hu karena aparat pajak ingin menyasar lebih banyak wajib pajak.

Moral cerita, tak ada pilihan selain memiliki NPWP. Kecuali bila Anda ingin repot menghadapi aparat peyak yang kian agresif mengintai harta kita. Martina Prianti

Sumber : Harian Kontan

No comments: